Hanya dengan Smartphone, Kamu Bisa Dapati Foto yang Super Kece

Kamu pasti suka banget mengambil foto saat berkunjung ke suatu tempat. Alasannya mungkin karena tempatnya yang archy banget ingin berbagi melalui media sosial alias pamer. Itu semua sebenarnya bukan jadi masalah apalagi di era sekarang ini. Persoalannya adalah ketika kamunya udah necis, tempatnya udah keren banget, tapi nggak punya kamera canggih dengan lensa yang luar biasa jernih. Tenang aja, guys! Sebenarnya sekarang ini sudah banyak kok smartphone yang memberikan fasilitas kamera yang nggak kalah bagus dari kamera seperti DSLR. Nih ada tipsnya buat foto kamu tetap bagus walaupun hanya menggunakan kamera smartphone.

Dekati obyek foto agar kamu tidak perlu gunakan zoom

Mungkin dengan alasan malas kamu jadi enggan mendekati obyek foto. No! Itu salah banget. Stop do it now! Dengan melakukan zoom justru akan membuat resolusi foto kamu menjadi pecah saat diunggah nanti. Alasan lainnya, mendekati obyek foto akan membuat orang yang melihat foto tersebut fokus ke satu titik. Obyek tersebutlah yang akan menjadi fokusnya.

Perhatikan pencahayaan saat mengambil foto

Kalo obyek foto kamu outdoor mungkin tidak akan terlalu bermasalah ya! Tapi jika kamu harus mengambil foto indoor lalu obyeknya berada di tempat yang cukup temaram, maka kamu perlu lighting tambahan. Tujuannya sudah pasti agar obyek foto kamu terlihat jelas. Kalo kamu nggak punya lighting yang yoih seperti fotografer profesional nggak masalah. Kamu cuma perlu pinjam smartphone teman kamu, lalu gunakan flashlight. Gampang, kan?

Katakan tidak pada foto blur. Agar hasilnya lebih maksimal dan smartphone kamu dapat stabil, kamu perlu gunakan tongsis atau tripod.

Aduh tremor nih

Yah ngeblur! Grogi nih mau ngambil foto, soalnya diliatin mulu

Untuk mengatasi masalah tremor atau goyang saat mengambil foto, gunakanlah tongsis atau tripod. Tongsis sekarang sudah banyak yang jual kok. Harganya nggak terlalu mahal, lho! Kalau kamu punya teman yang memiliki tripod, ya boleh lah dipinjam dulu.

Jangan memotret dari tempat yang terlalu mainstream. Being different is unique!

Kalau kamu biasanya ambil foto dari angle depan atau belakang, coba deh sekarang cari angle yang beda. Mungkin dari sudut 80° terus serong ke kanan sedikit. Atau kalau biasanya kamu ambil foto seseorang dengan full body dari depan, coba sekarang kamu ambil foto dari samping, lalu biarkan si obyek melihat ke arahmu. Pokoknya coba cari angle yang beda deh. Jangan takut untuk mencoba apalagi takut dikritik. Namanya juga seni. Jadi harus bisa dilihat dari segala sudut pandang.

Lensa smartphone kamu harus bersih agar hasil lebih jelas dan jernih

Jangan malas untuk selalu membersihkan lensa kamera smartphone kamu. Apalagi kalo kamu habis pegang makanan terus mainan smartphone. Iyuuuuh berminyak! Pasti ganggu banget. Nanti hasil foto kamu jadi kurang jernih dan lagi nge-blur. Sekarang juga ada kok pembersih khusus untuk membersihkan smartphone. So, you don’t need to worry about it! Just try to find it!  

Kamu harus lebih sering berlatih karena dengan berlatih kamu akan jadi terbiasa

Ambilah foto sesering mungkin agar kamu lebih dapat feel nya. Kamu akan lebih sensitif terhadap angle sebuah obyek jika kamu melakukannya lebih sering. Selain itu, dengan ada banyak koleksi foto kamu bisa juga belajar kesalahan dari foto-foto sebelumnya. Misalnya, kurang fokus, pencahayaan kurang, atau malah angle yang kurang pas. Mungkin aja suatu saat nanti koleksi foto kamu bisa bermanfaat. Keep trying, Guys! 

Selamat hunting foto, ya!

 

 

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply