Rindu Suasana Pedesaan di Jogja? Kamu Harus Datangi Tempat Ini!

Bagi orang yang bekerja di kota-kota besar seperti Jakarta, tentu sangat mudah merasakan kejenuhan akibat terlalu sering melihat kemacetan dan menghirup asap kendaraan. Tentunya, kamu berangan-angan kota yang kamu tinggali agar bisa berbenah menjadi kota yang hijau serta nyaman dijadikan tempat tinggal. Dan biasanya, banyak orang yang melakukan pelarian dengan cara berwisata.

Masalahnya, mau berwisata di musim liburan? Tapi terlalu ramai. Tenang! Sociotraveler punya rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi selama libur panjang. Tentunya tak seramai wisata kota yang terlalu massal. Simak, ya!

Menggigil di Desa Wisata Pancoh, Lereng Gunung Merapi

Kamu merindukan suasana desa yang dingin bak pegunungan? Datanglah ke Desa Wisata Pancoh, Sleman, Yogyakarta. Di desa wisata ini, kamu akan disuguhi pemandangan Gunung Merapi yang berdiri gagah di sebelah utara. Tak hanya itu, udara segar khas pegunungan di Desa Wisata Pancoh dapat kamu nikmati sambil bersafari memetik buah salah di perkebunan milik warga. Seru, bukan?

Jangan lupa juga untuk membawa pakaian basah, ya! Susur sungai adalah atraksi yang ditawarkan pengelola untuk memanjakan wisatawan yang rindu suasana pedesaan.

Kembali ke masa kecil dan lebih dekat dengan petani di Desa Wisata Kebonagung

Tahukah kamu? Nasi yang kita makan sehari-hari adalah berkat usaha keras para petani yang merawat tanaman padinya. Nah, di Desa Wisata Kebonagung, kamu akan belajar menjadi petani. Merasakan bagaimana membajak sawah menggunakan kerbau, menanam padi, hingga memanen padi. Seru, bukan?

Pacu adrenalin di atas jeep offroad Desa Wisata Bejiharjo

Siapa bilang Bejiharjo hanya punya wisata susur Gua Pindul? Desa yang menyandang nama sebagai desa wisata ini punya sembilan titik destinasi yang bisa memacu adrenalinmu, lho! Salah satunya adalah offroad Sungai Oya.

Dengan dipandu masyarakat yang ramah, kamu akan diajak bertualang menyusuri Sungai Oya menggunakan jeep. Keseruan ini akan sampai puncaknya manakala pakaianmu basah kuyup terkena cipratan lumpur di sana. Bagaimana? Seru, bukan?

Menikmati pagi dan sore yang romantis di Desa Wisata Nglanggeran

Sunset Embung Nglanggeran

Jika biasanya kamu hanya membeli tiket untuk trekking sampai puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, cobalah untuk mencari suasana yang beda. Masih dalah satu kawasan Desa Wisata Nglanggeran, terdapat satu spot yang masih belum banyak terjamah tangan manusia. Namanya Kampung Pitu.

Kampung yang hanya dihuni tujuh kepala keluarga ini memiliki kepercayaan yang sangat kuat. Selain kearifan lokal yang kuat, di Kampung Pitu, kamu dapat menikmati pemandangan sunrise di pagi hari. Syahdu, bukan?

Tak hanya itu. Jangan berpuas diri dan cepat pulang ke kampung halaman sebelum menikmati sunset di Embung Nglanggeran, ya!

Belajar membatik di Desa Wisata Wukirsari, Bantul

Jika kamu memiliki minat dalam bidang kesenian dan budaya, kamu wajib datang ke Desa Wisata Wukirsari, Bantul. Desa ini dikenal sebagai cikal bakal perajin batik tulis di Yogyakarta, lho! Bahkan pemesannya adalah keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Selain melihat koleksi batik, kamu bisa belajar membatik bersama perajinnya langsung. Menarik, bukan?

Bersepeda gembira di Desa Wisata Malangan, Sleman

Tak jauh dari pusat kota, desa ini memiliki keunikan dimana sekelilingnya masih menyimpan keasrian berupa area persawahan dan kolam-kolam ikan. Cobalah bermalam di Desa Wisata Malangan. Bersama pemandu desa wisata, kamu akan diajak berkeliling menggunakan sepeda ontel sembari mengunjungi sentra-sentra kerajinan seperti kerajinan bambu, perikanan, juga pembuatan keris. Seru, bukan?

About The Author

Related Posts

Leave a Reply