9 Tempat Romantis Merekam Langit Senja di Indonesia. Kamu Harus Segera ke Sana!

Adakah di antara kalian yang kerap melewatkan pemandangan senja? Padahal, jika mau menyisihkan sedikit waktu beberapa menit saja, hari-harimu dijamin akan bahagia. Meski tak selamanya langit bersolek cantik, selalu ada tempat yang sering diburu para kawula muda untuk berburu senja. Berikut, adalah tempat-tempat yang wajib kamu sambangi untuk merekam langit senja yang dirangkum oleh Sociotraveler.

1. Pantai Parangtritis jadi jujugan kawula muda Jogja dan sekitarnya…

Sumber: https://insanwisata.com

Bola emas, yang lebih akrab disapa “sunset” oleh kawula muda, perlahan mendekati horizon yang siap memeluknya hingga esok pagi tiba. Pantai dengan pasir hitam ini memang terkenal sebagai tempat pulangnya matahari. Selain kuda dan wisatawannya, cobalah arahkan kamera kamu ke para peselancar yang sedang beradu tangkas dengan ganasnya ombak. Para peselancar yang telah puas menari dengan ombak pun turut menyudahi pertunjukannya, lalu berjalan pulang diantar senja. Pemandangan yang romantis, bukan?

2. Kamu pasti belum familiar dengan Pantai Baros, Bantul? Siapa sangka, pantai yang tak jauh dari Parangtritis ini punya sunset yang memesona

Sumber: https://insanwisata.com

Tak jauh dari Pantai Parangtritis, paculah kuda besimu menuju Pantai Baros, satu lagi tempat yang romantis untuk para kawula muda. Meski tak seramai Parangtritis, pantai ini pantas kamu datangi bersama pasangan halalmu. Ada banyak yang bisa kamu lakukan. Dan tentu, jangan sudahi petualang sebelum berswa foto dengan latar senja adalah pemanis dokumentasi di kamera kamu…

3. Kalau pantai terlalu mainstream, cobain deh ke gunung. Embung Nglanggeran yang berada di Gunung Api Purba Yogyakarta ini harus kamu sambangi segera

Sumber: https://insanwisata.com

Terlalu asik dan betah untuk berlama-lama di Yogyakarta. Kali ini, cobalah menuju Embung Nglanggeran di Gunungkidul, Yogyakarta. Akan ada puluhan orang dengan niatan yang sama; mengagumi senja. Hari semakin petang dan gelap mulai merambat menutup langit Jogja Lantai Dua. Tapi tentu sebelumnya, akan datang pertunjukan yang akan membuat orang bertepuk ramai. Saat kumandang adzan nan syahdu memanggil para jiwa yang sedang safar, di situlah Tuhan menunjukkan kuasanya. Langit sedang diaduk dengan rupa-rupa warna. Jingga, ungu, kuning, manakah yang kau suka?

4. Pantai Popoh, Tulungagung

Sumber: https://insanwisata.com

Mulailah petualangan baru dengan agenda plesiran menuju Tulungagung. Jadikan pesisir pantainya sebagai destinasi utama. Tapi untuk memuaskan hati, tentu bagi kamu penggemar budaya, datanglah tepat saat adanya ritual Satu Malam Satu Suro. Bukan hanya pemandangan sunset-nya saja yang memesona, tetapi juga nelayan yang ramai menyambut Malam Satu Suro (Suronan). Saat Suronan, masyarakat pesisir yang mayoritas berprofesi nelayan menghelat upacara Labuh Laut. Nelayan melarung sesajian ke tengah laut sebagai wujud rasa syukur atas keselamatan serta hasil laut melimpah. Para wanita memasak bersama nasi tumpeng, jenang, hingga ayam lodho untuk dilarung ke laut lepas. Sungguh penutup hari yang indah!

5. Klaten juga nggak kalah dalam menawarkan keindahan senja. Rowo Jombor jadi saksinya…

Sumber: https://insanwisata.com

Senja memang istimewa. Tempat yang belum terkenal sekalipun kadang dapat membuat orang terlena menikmatinya. Kali ini, bertuanglah ke Rowo Jombor, Kabupaten Klaten. Selain dikenal sebagai sentra kuliner ikan segar, Rowo Jombor adalah spot bersantai para kawula muda untuk menjemput mega. Dengan dikelilingi perbukitan yang cantik, Rowo Jombor menyuguhkan pemandangan lembayung yang menawan. Arahkan kameramu untuk membidik para nelayan di sana. Pemandangan yang apik, bukan?

6. Pantai Petitenget, Seminyak,  Bali punya keindahan sunset yang tak bisa kamu dustakan…

Sumber: https://insanwisata.com

Dapatkah kamu melihat warna senja yang sempurna? Jika iya, segera susuri sepanjang garis pantainya. Carilah tempat yang pas agar dokumentasimu semakin apik dan berselera. Pesona alam dan budaya yang mengagumkan, bukan?

7. Pantai Karang Hawu, Sukabumi, Jawa Barat bisa dinikmati sambil memancing lho

Sumber: https://insanwisata.com

Kita kerap terpukau menyaksikan langit yang bersolek menutup hari. Memandangnya cukup lama, membiarkan langit mengaduk warna, hingga mengantar kita pada suasana yang romantis nan syahdu dengan untaian jingga. Mari datang ke Pantai Karang Hawu, Cisolok, Sukabumi. Selain indah karena pesonanya, pantai ini ternyata juga terkenal dengan mitos penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

8. Pelabuhan Buleleng, Singaraja, Bali jadi alternatif mencari senja yang keindahannya luar biasa…

 Sumber: https://insanwisata.com

Jika sudah bosan dengan sesaknya kota-kota besar di Bali, paculah kuda besimu menuju Pelabuhan Buleleng, Singaraja. Sabarlah menanti untuk bersiap menyambut langit yang akan bersolek diri. Menghias latar yang semula cerah berawan. Kini, biarkan giliran lembayung senja menyapa. Berdiri seorang pemuda kekar dengan merah putih di tangan kananya. Adalah mereka, para pemuda Buleleng yang dengan gagahnya mengusir para koloni Belanda agar segera angkat kaki dari Singaraja. Tentu, duduk sembari merenungi perjuangan para pahlawan Singaraja adalah cara terbaik memandangi senja, bukan?

9. Siapa sih yang tidak tahu Labuan Bajo? Senja di sana emang panoramanya juara!

Sumber: https://insanwisata.com

Di pelabuhan yang sesak segala bentuk kapal, hiruplah berupa-rupa pengalaman agar memperkaya pengalaman. Labuan Bajo memang terbilang jauh jika diukur jaraknya. Cobalah untuk jadikan Labuan Bajo menjadi resolusi di tahun ini. Selain kekayaan budayanya, kalian akan terlena pada lansekap alamnya. Sebelum berkelana lebih jauh, puaskanlah hati untuk jatuh cinta pada pelabuhan kapalnya. Kala langit dipoles senja, wisatawan mana yang tak akan terpikat pada suasananya? Dan hari akan semakin gelap, bukan berarti kalian harus menyudahi petualang. Biarkanlah kamera tustelmu terus merekam warnanya. Karena gugusan bintang akan datang menghias angkasa.

Kita sangat gemar menyaksikan warna langit di sore hari. Bagaimana warna langit di rumahmu sore ini? Semoga cerah. Agar kita sama-sama terlamu memandang keindahannya dan mensyukuri nikmat kesehatan pada indera kita.

About The Author

Related Posts

No Responses

Leave a Reply